Tugas Softskill Peng. Animasi & Desain Grafis : Review Jurnal

Review Jurnal Media Pembelajaran Desain Grafis Di SMA 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif

 

 

Judul    : Media Pembelajaran Desain Grafis Di SMA 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif
Penulis : Muhammad Ryza Awwali, Sulartopo Spd, M.Kom 

Tujuan Penelitian :

Menghasilkan sebuah media pembelajaran desain grafis yang diberikan kepada peserta didik kelas XII SMA 1 KUDUS.

Metodologi Penelitian :
1. Lokasi Penelitian

Penelitian dilakukan di SMA 1 Kudus, yang beralamatkan di Jl. Pramuka No. 41 Mlati Lor Kudus

2. Objek & Subjek Penelitian

Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA 1 Kudus kelas XII semester I. Penulis dalam penelitian   ini memfokuskan pada metode pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif dalam bentuk CD Tutorial Interaktif dan pemanfaatan program macromedia flash untuk pembelajaran multimedia interaktifnya. Metode ini berisi materi-materi mata pelajaran komputer “Desain Grafis”. Alat utama untuk pengukuran pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran dilakukan melalui penyebaran kuisioner yang telah diisi siswa kemudian ditetapkan melalui sebuah nilai.

3. Hasil & Pembahasan Penelitian

Pada penelitian ini menggunakan aplikasi multimedia yang bersifat “education”, yaitu multimedia yang digunakan untuk pembelajaran. Aplikasi pembelajaran ini disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat skripsi dibuat, yaitu kurikulum 2013, yang merupakan kelanjutan dari Kurikulum
Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan secara terpadu. Selain itu penataan Kurikulum pada Kurikulum 2013 dilakukan sebagai amanah dari Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

 4. Kelebihan
Kelebihan penelitian ini adalah tujuan penelitian nya mempunyai maanfaat yang baik bagi penggunanya, serta sudah user friendly untuk pengguna

5. Kekurangan
Desain tampilan yang dibuat masih terlalu monoton sehingga kurang menarik minat pengguna. Kurangnya memperhatikan beberapa aspek, seperti : Produktifitas, Efektifitas, Efisiensi, Fungsionalitas

Sumber : Jurnal Asli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trend Sistem TI Bagi Masa Depan dan Dalam Bidang Bisnis

Manajemen Layanan Informasi pada PT. PERTAMINA (PERSERO)